Sabtu, 23 April 2011

Struktur Program C++

Setiap Program C++ mempunyai bentuk umum (dasar) penulisan Script Code Program sebagai berikut :

#prepocessor directive
void main()
{
  // Batang Tubuh Program;
}

Keterangan :
  • #prepocessor directive adalah sebuah file Header yang harus disisipkan pada sebuah program C++, karena dalam #prepocessor directive terdapat banyak fungsi-fungsi bawaan C++. File Header yang disisipkan akan dijalankan pertama sebelum menjalankan script program yang kita tulis, hal ini karena sebelum menjalankan script program, C++ harus memanggil dahulu fungsi-fungsi bawaan yang akan dipakai dalam program. Untuk memanggil #prepocessor directive selalu diawali dengan #include <nmheader.h> atau #include "nmheader.h". Beberapa #prepocessor directive adalah sebagai berikut :
    - #include <iostream.h>, digunakan untuk program yang melibatkan fungsi cout, yaitu perintah untuk menampilkan pesan di layar.
    - #include <conio.h>, digunakan untuk program yang melibatkan fungsi clrscr(), yaitu perintah untuk menghapus layar. - #include <math.h>, digunakan untuk program yang melibatkan fungsi-fungsi matematika.
    - dan masih banyak lagi lainnya (nanti akan dibahas pada bagian lain).





  • Fungsi main(), merupakan fungsi utama yang harus ada pada setiap pembuatan program dengan C++. Ini adalah keharusan dan hanya satu fungsi main(). Tanpa fungsi main() program tidak akan bisa dijalankan.





  • Komentar, yang tidak pernah di compile oleh C++, ini hanya dikenali sebagai penjelas dari sebuah script program yang kita tulis dan bersifat optional (tidak harus ada). Ada dua macam penulisan Komentar, yaitu :
    - Jenis 1 : /* komentar */, komentar di jenis ini bisa lebih dari satu baris, yang penting bahwa sebuah komentar harus di apit oleh tanda /* dan */
    - Jenis 2 : // komentar, komentar di jenis ini hanya terdiri atas satu baris saja, tidak bisa lebih. Untuk membuat lebih dari satu baris, maka tiap baris barus diawali dengan tanda //.





  • Tanda semicolon berupa tanda (;), merupakan tanda untuk mengakhiri sebuah script program dalam sebuah baris.





  • Batang Tubuh Program, disinilah kita akan menuliskan script program.





  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    My Advice To You

    Select your cell phone

    MAP

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Updates Via E-Mail

    Categories